Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Sabtu, 18 Mei 2013

Provinsi Banten dan Tempat Wisatanya


 Banten adalah sebuah provinsi di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini dulunya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun dipisahkan sejak tahun 2000, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Sebagian besar anggota masyarakat memeluk agama Islam dengan semangat religius yang tinggi, tetapi pemeluk agama lain dapat hidup berdampingan dengan damai.
Potensi dan kekhasan budaya masyarakat Banten, antara lain seni bela diri Pencak silat, Debus, Rudad, Umbruk, Tari Saman, Tari Topeng, Tari Cokek, Dog-dog, Palingtung, dan Lojor. Di samping itu juga terdapat peninggalan warisan leluhur antara lain Masjid Agung Banten Lama, Makam Keramat Panjang, dan masih banyak peninggalan lainnya.

Di Provinsi Banten terdapat Suku Baduy. Suku Baduy Dalam merupakan suku asli Sunda Banten yang masih menjaga tradisi antimodernisasi, baik cara berpakaian maupun pola hidup lainnya. Suku Baduy-Rawayan tinggal di kawasan Cagar Budaya Pegunungan Kendeng seluas 5.101,85 hektare di daerah Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Perkampungan masyarakat Baduy umumnya terletak di daerah aliran Sungai Ciujung di Pegunungan Kendeng. Daerah ini dikenal sebagai wilayah tanah titipan dari nenek moyang, yang harus dipelihara dan dijaga baik-baik, tidak boleh dirusak.

Provinsi Banten terdiri atas 4 kabupaten dan 4 kota. Berikut adalah daftar kabupaten dan kota di Banten, beserta ibu kota.
No. Kabupaten/Kota Ibu kota Logo
Banten coa.png
1 Kabupaten Tangerang Tigaraksa
Logo kab tangerang.gif
2 Kabupaten Serang Ciruas
Logo serang.gif
3 Kabupaten Lebak Rangkasbitung
Logo lebak.gif
4 Kabupaten Pandeglang Pandeglang
Logo Pandeglang.gif
5 Kota Tangerang -
Lambang Kota Tangerang.png
6 Kota Serang -
Lambang Kota Serang.jpg
7 Kota Cilegon -
Lambang Kota Cilegon.png
8 Kota Tangerang Selatan Ciputat

Banten merupakan tempat yang sering saya kunjungi apabila saya merasa jenuh dengan aktiftas yang ada. sudah tidak terhitung lagi berapa kali sayang mengunjungi provinsi ini hanya sekedar untuk melepas lelah dan mencari hiburan diselang waktub aktifitas yang ada.
Bermodalkan tempat tinggal teman di daerah Rangkas Bitung, saya sering menghabiskan waktu weekend ditempat beliau.

Ada beberapa tempat wisata di Banten yang telah saya kunjungi dan bisa dijadikan para backpacker refrensi apabila mengunjungi Provinsi ini, seperti :

  • Pantai Sawarna yang merupakan Pantai indah tersembunyi di Desa Sawarna, Kab. Lebak Banten.  pantai ini masih asli belum terjamah penuh oleh pendatang, dengan lokasi kurang lebih 3 jam dari Kota Rangkas Bitung melalui jalur darat, kita akan disuguhkan pemandangan alam dan hamparan lautan disepanjang perjalanan menuju pantai tersebut.
  • Arum Jeram Ciberang, merupakan tempat wisata air dimana kita bisa rafting menyisiri sungai Ciberang selama kurang lebih 2 jam. Arung Jeram Ciberang yang masih berlokasi di Kab. Lebak ini bisa dijadikan pilihan alternatif bagi para backpacker yang suka akan tantangan air.


  • Pemandian Air Panas Cipanas, untuk memanjakan tubuh, tidak ada salahnya kita mengunjungi tempat ini sekedar untuk mengrefleksikan badan dari aktifitas yang padat.
  • Kota Tua Banten Lama,  bagi yang suka dengan wisata sejarah, tempat ini adalah pilihan yang pas untuk menambah wawasan sejarah kita tentang Provinsi Banten.
  • Masjid Agung Banten, terletak di desa Banten Lama, sekitar 10 km sebelah utara kota Serang ini merupakan tempat wisata spiritual yang banyak dikunjungi orang. Ditempat tersebut mereka biasanya berdoa, shalat bahkan sekedar ziarah para wali.
  • Anyer, tempat wisata pantai di Anyer, Cilegon sudah terkenal di beberapa bagian barat di Indonesiaa, sangat disayangkan kalo ke Banten belum mengunjungi tempat ini walau sekedar berpotret ria dengan alam sekitarnya.
  •  Alun - Alun Kota Serang, Kota Pandeglang dan Kota Rangkas Bitung.  tidak lengkap rasanya apabila berkunjung kesuatu daerah tapi tidak berkunjung ke Alun-Alun kotanya. banyak menu menarik dan berbeda yang disuguhkan pada masing-masing daerah di alun-alun kotanya seperti makanan, minuman, bahkan sekedar nongkrong memperhatikan anak-anak muda khas daerah yang sedang berkumpul.
Tempat-tempat diatas bisa dijadikan tempat tujuan alternatif bagi para backpacker yang ingin mengunjungi Provinsi Banten. Terima Kasih. Wassalam.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar