Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Selasa, 21 Mei 2013

Wong Kito Galo di Sumatera Selatan

Sumatera Selatan adalah salah satu provinsi Indonesia yang terletak di bagian selatan Pulau Sumatera. Provinsi ini beribukota di Palembang. Secara geografis provinsi Sumatera Selatan berbatasan dengan provinsi Jambi di utara, provinsi Kep. Bangka-Belitung di timur, provinsi Lampung di selatan dan Provinsi Bengkulu di barat. Provinsi ini kaya akan sumber daya alam, seperti minyak bumi, gas alam dan batu bara. Selain itu ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Palembang, telah terkenal sejak dahulu karena menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya.

 Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya; pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Gaung dan pengaruhnya bahkan sampai ke Madagaskar di Benua Afrika.

Sejak abad ke-13 sampai abad ke-14, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Majapahit. Selanjutnya wilayah ini pernah menjadi daerah tak bertuan dan bersarangnya bajak laut dari Mancanegara terutama dari negeri China. Pada awal abad ke-15 berdirilah Kesultanan Palembang yang berkuasa sampai datangnya Kolonialisme Barat, lalu disusul oleh Jepang. Ketika masih berjaya, kerajaan Sriwijaya juga menjadikan Palembang sebagai Kota Kerajaan.

Menurut Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan, pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya.

Sumatera Selatan merupakan provinsi kelahiran orang tua penulis tepatnya di Kecamatan Ogan Komering Ulu (OKU), jadi banyak sekali sanak famili saya yang bermukim di Provinsi ini baik di Kabupaten hingga ke kota Palembangnya.
Provinsi ini tidak asing bagi saya, karna sejak kecil saya sudah sering diajak keprovinsi ini,jadi hampir semua  tempat wisata yang telah penulis kunjungi baik seorangan ataupun dengan keluarga besar.

Beberapa tempat wisata yang tidak salahnya backpacker kunjungi apabila ke Provinsi ini, yaitu  :
  • Jembatan Ampera, diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1965 dan terbesar se-Asia Tenggara pada masanya. Jembatan ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Sebagai landmark, Jembatan Ampera memang diidolakan banyak wisatawan, arsitekturnya yang cantik serta beralaskan Sungai Musi, menjadi daya tarik wisatawan untuk berfoto. Keindahan Jembatan Ampera akan terasa sempurna saat malam hari. Puluhan lampu yang cantik akan menghiasi jembatan ini. Dijamin, Anda akan terpana dibuatnya.

Jembatan Ampera dimalam hari
  • Wisata Sungai Musi, merupakan pilihan tepat untuk anak muda nongkrong di taman  pinggiran sungai musi dimalam hari sambil melihat keindahan Jemabatan Ampera dan untuk di siang harinya kita dapat mengelilingi sungai musi menggunakan ketek (perahu kecil) yang disewakan pendudukan lokal.
  • Pulau Kemaro, jika datang ke pulau yang berada ditengah-tengah sungai Musi ini, nuansa Tionghoa terasa begitu kental, cocok untuk salah satu destinasi yang bisa kita kunjungi menjelang Imlek mendatang. Hal ini bisa dilihat dari adanya pagoda besar dan klenteng. Selain itu, Pulau ini juga punya pohon cinta dan makam Siti Fatimah, mantan putri Raja Palembang.
Pagoda besar di Pulao Kemaro
  • Benteng Kuto Besak (BKB), merupakan bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Adanya di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, atau sekitar 1,5 km sebelah barat laut Jembatan Ampera. Selain gedung tua yang masih megah, wisatawan sudah pasti bisa menyaksikan indahnya Sungai Musi, karena Benteng Kuto Besak berada di tepiannya. Saat sore hari, pemandangan makin indah. Sunset yang berkilauan di permukaan sungai terlihat makin sempurna dengan hiasan Jembatan Ampera di dekatnya.
  • Gelora Sriwijaya, tidak ada salahnya mengunjungi Palembang dengan mampir ke Gelora sriwijaya ini, gelora yang sedang dihebohkan karena kasus korupsi ini bisa dijadikan tempat wisata menarik untuk melihat indahnya bangunan-bangunan sarana olahraga didalamnya.
  • Hutan Wisata Punti Kayu, kawasan hutan pinus yang ditata menjadi taman dan dilengkapi dengan berbagai sarana rekreasi keluarga dan arena bermain anak-anak serta toko cinderamata.
  • Masjid Agung,  salah satu peninggalan Kesultanan Palembang yang dibangun oleh Sultan Machmud Badaruddin I pada tahun 1740, Kawasan di sekitar Masjid Agung ini dulunya merupakan ibukota kerajaan Islam Palembang.
Masjid Agung kebanggan wong kito galo
  • Museum Sultan Machmud Badaruddin II, yang menghadap ke Sungai Musi berada di sebelah Barat dari ujung Utara Jembatan Ampera. Bangunan museum ini dibangun oleh Belanda pada tahun 1823 di lokasi bekas istana Sultan Palembang yang hancur karena serangan pasukan Belanda.
  • Beberapa mall besar sebagai tempat kunjungan untuk menghabiskan waktu seperti PIM, PS, PTC.
Sebagai penutup postingan ini satu hal yang membuat saya kagum dengan daerah ini, yaitu bahasa daerah palembang digunakan sebagai sbahasa percakapan sehari-hari oleh orang dimanapun berada ditempat ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar