Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Selasa, 21 Mei 2013

Jawa Tengah dan tempat wisatanya


Secara administratif, Provinsi Jawa Tengah terdiri atas 29 kabupaten dan 6 kota. Administrasi pemerintahan kabupaten dan kota ini terdiri atas 545 kecamatan dan 8.490 desa/kelurahan.
Menyusul otonomi daerah, 3 kabupaten memindahkan pusat pemerintahan ke wilayahnya sendiri, yaitu Kabupaten Magelang (dari Kota Magelang ke Kota Mungkid), Kabupaten Tegal (dari Kota Tegal ke Slawi), serta Kabupaten Pekalongan (dari Kota Pekalongan ke Kajen).

 Sebagian besar penduduk Jawa Tengah beragama Islam dan mayoritas tetap mempertahankan tradisi Kejawen yang dikenal dengan istilah abangan.

Penulis pribadi sudah 4 kali mengunjungi provinsi ini, pertama kali pada tahun  2009 seorang diri hanya berbekal tiket promo menuju kota semarang dari Bandar Lampung, kedua bersama keluarga tepatnya mengunjungi keluarga saudara ipar di Kabupaten Tegal di tahun 2012, ketiga pada saat liburan lebaran ditahun yang sama, yang memang sengaja kami sekeluarga berniat untuk merayakan hari raya lebaran ditempat besan di Tegal dan kunjungan terakhir di akhir tahun  2012 kemarinbersama rombongan Yanti dkk, melintasi daerah cilacap dan sekitarnya.

Tidak banyak tempat wisata yang saya kunjungi  di provinsi ini mengingat tempat ini bukan salah satu tempat tujuan wisata favorit di pulau jawa,  tapi setidaknya saya pribadi sudah pernah mengintari provinsi ini bersama teman-teman atau keluarga dimulai dari cilacap, kebumen, wonogiri dan memutar kembali sampai ke Brebes.




Adapun beberapa tempat wisata yang pernah saya kunjungi ditempat ini, yaitu  :
  • Objek Wisata Air Panas Guci, berlokasi di desa Guci Bumijawa Tegal, menyajikan keindahan alam pegunungan yang sejuk, serta hamparan tanaman strawberrydisepanjang jalan, juga memiliki tempat pemandian air hangat langsung dari pegunungan guci yang berdampingan dengan air terjun yang sangat dingin membeku.
  • Pantai Alam Indah, salah satu pantai dipinggiran kota Tegal yang berpasir hitam nan panas tanpa adanya pohon-pohon yang sejuk disekitarnya, bukan refrensi yang tepat untuk dikunjungi.
  • Pasar Setono Pekalongan, yaitu pesat belanja batik khas pekalongan dengan harga grosir.
  • Alun-Alun kota Tegal, Brebes, Cilacap. 
Pemandian Air Panas Guci
 Mungkin dilain waktu saya akan mengunjungi kembali proivinsi ini sekedar untuk mengunjungi tempat wisata yang belum sempat saya kunjungi. Amien.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar