Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Minggu, 19 Mei 2013

Pesona Wisata Alam Khas Jawa Barat

 Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat. Jawa Barat beribu kotakan Bandung.

Sebagian besar penduduk Jawa Barat adalah Suku Sunda, yang bertutur menggunakan Bahasa Sunda. Di Kabupaten Cirebon, Kota Cirebondan Kabupaten Kuningan dituturkan bahasa Jawa dialek Cirebon, yang mirip dengan Bahasa Banyumasan dialek Brebes. Di daerah perbatasan dengan DKI Jakarta seperti sebagian Kota Bekasi, Kecamatan Tarumajaya dan Babelan (Kabupaten Bekasi) dan Kota Depok bagian utara dituturkan Bahasa Melayu dialek Betawi. Jawa Barat merupakan wilayah berkarakteristik kontras dengan dua identitas; masyarakat urban yang sebagian besar tinggal di wilayah JABOTABEK (sekitar Jakarta) dan masyarakat tradisional yang hidup di pedesaan yang tersisa.

Jawa Barat merupakan provinsi yang kaya akan tempat wisatanya, saya pribadi sudah berkali-mengunjungi provinsi yang luas ini, baik dari kota hingga ke pedesaannya. Banyak tempat wisata alam yang wajib dikunjungi para backpacker apabila berniat ke provinsi ini, 

Telaga Warna, Bogor
adapun beberapa tempat yang telah saya kunjungi bersama kawan-kawan yang mempunyai waktu berkunjung bersama saya selama ini, yaitu sebagai berikut  :
  • Kawasan Puncak Bogor, merupakan kawasan yang tidak luput dari kemacetan di akhir pekan dengan cuaca yang sejuk lebih baik menggunakan Motor untuk mencapai tempat ini agar tidak lama dalam kemacetan jalan.
  • Telaga Warna Bogor, masih di daerah Puncak bogor. Telaga warna merupakan pilihan pas untuk menikmati kesejukan danau yang tenang dikelilingi hamparan kebun teh disekitar tempat wisata ini.
  • Air Terjun Curug Cilember Bogor, perlumendaki selama 2 km untuk mencapai air terjun ini, walau terasa lelah tapi akan langsung terobati melihat bahkan bisa mandi di air terjun yang super dingin ini.
  • Taman Wisata Matahari Bogor, merupakan tempat wisata perbukitan yang menyajikan keindahan alam bogor dan terdapat pula beragam  permainan keluarga didalamnya, Pas banget buat liburan keluarga.
Taman Wisata Matahari Bogor
  • Air Terjun Curug Panjang Bogor, tidak berbeda jauh dengan air terjun cilember, menyajikan air terjun besar yang dingin dan sejuk untuk mandi.
  • Kebun Raya Bogor, berada dipusat kota Bogor yang menyajikan beragam tanaman-tanaman yang dirawat dan tertata rapi. (tapi sayang banyak dijadikan tempat orang pacaran disetiap sudut pohonnya hahaha)
  • Kompleks IPB, Komplek perkuliahan mahasiswa Institut Pertanian Bogor. (ga beda jauh dengan Kompleks Jalan Baru UNILA)
  • Gunung Tangkuban Perahu, kita dapat melihat keindahan sepuluh kawah yang letaknya berdekatan. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas, merupakan tiga kawah Gunung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Untuk menuju kawah-kawah itu, kita dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antarkawah yang tidak begitu jauh.
  • Danau Kawah Putih, Bau belerang akan langsung menyambut kita begitu tiba di tebing kawah ini, menjadikannya sajian yang tak terpisahan ketika mengagumi kawah berwarna hijau muda yang dikelilingi pasir putih serta riak air dalam kawah yang bertabur asap tipis. (harus sedia Masker)
  • Pantai Pangandaran, pantai lepas berpasir hitam  yang panas dan tidak terlalu bagus untuk dinikmati diwaktu libur.
  • Green Canyon (Cukang Taneuh), tempat olahraga air bagi kalian yang suka dengan tantangan, yaitu body rafting hampir 2 jam diterjang arus sungai Cijulang yang diapit tebing-tebing tinggi nan menakjubkan. Wajib dikunjungi bagi para backpacker (sebaiknya mengunjunginya di musim Kemarau agar menikmati keindahan alam dan air yang bening)
Body Rafting, Green Canyon.
  • Cihampelas, tempat wisata belanja dipinggiran jalan.
  • Gedung Sate Bandung, merupakan kantor Gubernur Jabar (lumayan untuk koleksi poto)
  • Museum Konferensi Asia Africa, berada dijalan Asia Afrika yang menyajikan bangunan gedung tempo dulu.
  • Paris Van Java, tempat nongkrong anak muda Bandung, (Branded punyaa niii)
  • Wisata Mall Bandung, sekedar  menghabiskan waktu selama di Jawa Barat tidak ada salahnya mengunjungio Mall-Mall besar yang ada di provinsi tersebut.

Jawa Barat memang merupakan tempat liburan yang tidak pernah bosan untuk dikunjungi,  dan semoga kedepan bisa berkunjung lagi kesana. Amien

Tidak ada komentar :

Posting Komentar