Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Minggu, 19 Mei 2013

Eksotisme Keindahan Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Daerah Istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa bagian tengah dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah dan Samudera Hindia.

 Daerah Istimewa ini sering diidentikkan dengan Kota Yogyakarta sehingga secara kurang tepat disebut dengan Jogja, Yogya, Yogyakarta, Jogjakarta. Walaupun memiliki luas terkecil ke dua setelah Provinsi DKI Jakarta, Daerah Istimewa ini terkenal di tingkat nasional dan internasional. Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tempat tujuan wisata andalan setelah Provinsi Bali. Selain itu Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi daerah terparah akibat bencana gempa pada tanggal 27 Mei 2006 dan erupsi Gunung Merapi pada medio Oktober-November 2010.

Yogyakarta sering dijadikan tempat tujuan rekreasi bagi anak sekolah diseluruh sumatra, mengingat banyak sekali tempat wisata bersejarah berdiri tegak diu provinsi ini.
 Penulis pribadi terhitung sudah  4 kali mengunjungi provinsi yang dipegang Sultan Hamengkubuwono X tersebut.
Didepan air terjun yang mengering di Kaliurang
Kunjungan pertama kali saat usia 15 tahun, pada waktu kunjungan StudyTour bersama teman-teman MAN 1 Bandar Lampung kelas dua.
Yang kedua,  pada usia 17 tahun bersama 2 keluarga besar saya dengan Pak Maryadi yang asli orang Yogya yang mengundang kami untuk singgah di desanya.
Kunjungan ketiga, di tahun 2012 kemarin pada saat libur lebaran yang kunjungan ini bener2-benar diluar dugaan. karna pada waktu lebaran saya sekeluarga hanya bertujuan lebaran di Kota Tegal tempat besan adek ipar, tapi secara tidak sengaja saya pribadi memutuskan untuk liburan ke Yogya seorang diri dengan manggunakan Bus dari  kota Semarang ke Yogyakarta dan di Yogya sudah ada sahabat saya Ricky yang sedang libur lebaran di tempat sanak familinya.
Kunjungan terakhir, saya bersama mbak Yanti (temen Kuliah S2) beserta teman-temannya yang sengaja  menyewa 1 mobil pribadi untuk liburan mengelilingi Pulau Jawa. dan Jogjakarta menjadi salah satu kota yang wajib kami singgahi selama operjalanan touring kami.
Foto bersama Heni, sepupu Ricky didepan makam mbah Marijan, Lereng Gunung Merapi
 Beberapa tempat wisata yang telah saya kunjungi, dan bisa dijadikan refrensi para backpacker apabila berniat berkunjung kesana, yaitu  :
  • Candi Borobudur, adalah candi Budha terbesar di abad ke-9 yang berukuran 123 x 123 meter yang dibangun oleh Raja Samaratungga, kerajaan Mataram Kuno keturunan Syailendra. 
Didepan candi Borobudur di akhir tahun 2012
  • Candi Prambanan, Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun di abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter, berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

  • Pantai Parangtritis, Pantai yang penuh mitos didalamnya dimana pantai parangtritis merupakan kerajaan dari Ratu Pantai Selatan “ Nyi Roro Kidul” sosok gaib yang merupakan penguasa laut selatan, walaupun begitu pantai ini menjadi tempat favorit bagi para wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal. tapi sayang terakhir penulis mendatangi tempat ini tidak seindah dan terawat  pada masa SMA dulu.
  • Keraton Yogyakarta.  Keraton Yogyakarta tidak hanya menjadi tempat tinggal raja, namun juga menjadi penjaga nyala kebudayaan Jawa. Di tempat ini Anda dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya tetap dilestarikan di tengah laju perkembangan dunia.
Mencoba melewati 2 pohon keramat sambil menutup mata di alun-alun kraton Yogya
  • Kota Gede,  merupakan saksi bisu dari tumbuhnya Kerajaan Mataram Islam yang pernah menguasai hampir seluruh Pulau Jawa. Makam para pendiri Kerajaan Mataram Islam, reruntuhan tembok benteng, dan peninggalan lain serta kerajinan perak bisa kita temukan di Kotagede.

  • Wisata Alam Kaliurang,  Menikmati pesona alam di ujung utara Yogyakarta. Bersentuhan dengan udara sejuk dan meresapi suasana romantis ala nyonya dan meneer Belanda tempo doeloe di Kaliurang yang terletak di kaki Gunung Merapi.

  • Jalan Malioboro. bagi yang mencari oleh-oleh khas Jogja, jangan sampai ketinggalan mengunjungi jalan padat ini, karna disepanjang jalan kita akan menemukan PKL yang menjajahkan barang-barang khas Jogja dengan harga murah tergantung lihainya tawar menawar kita yah.
  • Pasar Beringharjo, terletak di ujung jalan Malioboro, pasar tradisional ini menawarkan seluruh perlengkapan keraton, batik murah khas Yogyakarta.
  • Museum Benteng Vredeburg, tidak jauh dari pasar Beringharjo, museum ini bisa dijadikan tempat wisata sejarah alternatif untuk menikmati peninggalan kesultanan Yogyakarta
Hari terakhir di kota Yogya di liburan lebaran
  • Tugu Jogja, tidak lengkap rasanya mengunjungi Yogya kalo belum berfoto ria di tugu  Yogya ini.
  • Lereng Gunung Merapi, sisa letusan gunung merapi pada tahun 2010 meninggalkan banyak kenangan bagi yang merasakannya sehingga pemerintah setempat menjadikan lereng gunung ini sebagai tempat wisata alam yang eksotis untuk dikunjungi.
  • Musium Gunung Merapi, terletak di Sleman ini sebagai wadah menambah wawasan pengetahuan alam kita tentang gunung merapi, maka tempat ini wajib kita kunjungi.

Foto bersama keluarga Mas Johan (sepupunya Ricky) didepan Replika Gunung Merapi 

Itulah beberapa tempat wisata yang pernah saya kunjungi selama berlibur ke Provinsi Keraton tersebut, dan tidak menutup kemungkinan penulis akan datang lagi kesana untuk mengunjungi tempat wisata yang belum sempat didatangi.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar