Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Selasa, 21 Mei 2013

Keajaiban Ujung Timur Pulau Jawa

Jawa Timur adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibukota terletak di Surabaya. Luas wilayahnya 47.922 km², dan jumlah penduduknya 37.476.757 jiwa (2010). Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara 6 provinsi di Pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat. Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di barat. Wilayah Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa dan Samudera Hindia(Pulau Sempu dan Nusa Barung).

Jawa Timur dikenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia, dan memiliki signifikansi perekonomian yang cukup tinggi, yakni berkontribusi 14,85% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Penulis mengunjui provinsi ini di akhir tahun 2012 kemarin beserta rombongan ynati dkk, yang memang tujuan perjalan kami waktu itu adalah Aound of Java, dan ujung timur dari pulau jawa ini pun tidak luput dari target kunjungan kami.

Alun-Alun Kota Batu
 Tidak banyak tempat wisata yang kami kunjugi di provinsi ini, tapi setidaknya kami pernah menginjakan kaki di setiap sudut provinsi ini, seperti Kota Batu, Kota Malang, Madura, Surabaya bahkan sampai ke beberapa kabupaten yang kami lewati.

Di Kota Batu merupakan kota diatas gunung yang indah dan sejuk udaranya, menginap di kota ini semalam sebenernya masih kurang cukup sehingga kami tidak bisa menikmati tempat wisata yang terdapat didalamnya,  Kota batu hanya sebagai tempat persinggahan kami hanya untuk melepas lelah dan istrahat dari perjalan panjang.
Walau hanya semalam, tetapi kami menginap di pusat kota Batu dekat alun-alun kota sehingga kami bisa menikmati keindahan Kota Batu dimalam hari.
Menikmati malam di alun-alun Kota batu
 Di pagi hari kami melanjutkan perjalanan ke kota Malang, dan mencari sajian khas kota Malang yang terkenal yaitu keripik apel. Puas mengitari  Malang kamipun melanjutkan perjalanan pulang melewati kota Surabaya dan tidak pula kami mampir melewati Jembatan Suramadu dan numpang makan siang di kota Madura.Untuk melewati jembatan Suramadu pengendara dikenakan biaya Rp.30.000 permobil.
Alun-Alun Kota Malang
Setelah puas memutari Surabaya kami melanjutkan perjalan pulang kami ke Bandar Lampung melewati Jalur Pantura, sungguh  perjalanan yang melelahkan dan menyenangkan.
Jembatan Suramadu kebanggaan orang Jatim
Kabarnya masih banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi di Provinsi ini, dan itu membutuhkan waktu yang cukup serta biaya yang besar pula, dan semoga impian untuk mengunjungi tempat wisata lainnya dapat terwujud dilain hari.