Replace This Text With Your Featured Post 4 Description. />

Minggu, 02 Maret 2014

PENGALAMAN PERTAMA TRAVELLING KE SINGAPURA

Depan Patung Merlion, di Merlion Park
Untuk pertama kalinya penulis melakukan travelling ke luar negeri bersama teman-teman kuliah yang terdiri dari Merry Wahyuni, Rini Gustina, bu Magdalena dan Rio Awaludin, dan kami sepakat travelling ini Temanya adalah Backpackeran walaupun mereka banyak duit untuk taksi, hotel mahal dan sebagainya, tapi berhubung mereka sedang jalan dengan saya maka Kaki mereka harus dijadikan andalannya saat ini hehehehehe.
Hanya berbekal pengetahuan di mbah google, saya membuat itenerary sebagai panduan kami selama berada di Singapura dan Kuala Lumpur.

Sebulan sebelum keberangkatan, kami mulai mencari tiket pesawat murah untuk ketempat tujuan kami, dan sukurlah waktu itu ada promo tiket pesawat murah dengan tujuan kami. tanpa pikir panjang lagi saya langsung booked tiket tersebut dan dapatlah kami berlima tiket untuk perjalanan kesana.

Berikut adalah aktifitas kami selama dalam perjalanan, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kawan lainnya yang berencana untuk berlibur di kedua tempat tersebut untuk pertama kalinya.

MINGGU, 9 FEBRUARI 2014  :
  • 15.00 WIB :  dengan tujuan pertama ke Singapura, kami berangkat dari bandara Soeta dan tiba di Singapore pada pukul 17.00 waktu setempat. Setibanya di Terminal 1 Changi Airport, kami menikmati dulu suasana yang ada didalam airport, kalo boleh dibilang kami lumayan betah berlama-lama di Changi, karena disana kami disajikan dengan fasilitas-fasilitas yang cukup menarik dan dapat menghilangkan lelah kami selama perjalanan tadi..
  • 20.00 waktu singapura :  kami memutuskan keluar dari airport, setelah melalui imigrasi kami menuju ke Stasiun MRT (sejenis kereta monorer). MRT merupakan alat transportasi andalan kami untuk mengelilingi Singapura, dan agar lebih mudah menggunakan layanan ini sebaiknya kalian membeli tiket kartu EZ-LINK , harganya SGD 14 dan sudah termasuk pulsa SGD 10 didalamnya. Jadi dengan kartu ini kita ga perlu repot-repot lagi ke counter tiket untuk menaiki MRT, tinggal scan kartu trus pulsa yang didalamnya terpotong secara otomatis.
  • 20.30  : kami sudah didalam MRT dengan tujuan stasiun Bugis, karena kami berencana akan mencari penginapan di sekitar daerah tersebut.
  • 21.00  : sesampainya di Stasiun Bugis, kami langsung naik ke atas stasiun yang ternyata sebuah Mall (lebih dikenal Bugis Junction), dan tepat di depan Bugis Junction itulah penginapan kami dengan biaya sewa SGD 210 perkamar untuk 5 orang selama 2 hari.
  • 22.00  :  di Penginapan, kami bukannya istirahat tapi langsung menuju ke Bugis Street yang letaknya tepat persis di belakang Bugis Junction. Bugis Street merupakan tempat jual beli oleh-oleh khas singapura dengan harga yang lumayan miring, tapi sayang saat kami kesana sudah banyak pedagang yang menutup tokonya. dan akhirnya kami memutuskan kembali ke penginapan untuk istirahat.
Suasana di dalam MRT

Belanja Murah di Bugiss Street

SENIN, 10 FEBRUARI 2014 (waktu Singapura)  :
  • 05.00  : Kami sudah pada bergegas bangun dan siap-siap, kemudian sarapan roti yang  disediakan penginapan.
  • 07.00  : kami ke stasiun bugis untuk memulai perjalanan kami keliling singapura, dan tujuan kami pagi ini tentunya ke Merlion Park, yang merupakan simbol dari Singapura.
  • 07.10  : dari stasiun Bugis kami menuju ke stasiun Raffles Place.
  • 07.20  : tiba di Rafles, kami keluar stasiun dan berjalan kaki mengitari Singapore River ke Merlion Park sambil berfoto-foto tentunya.
  • 07.35  : kami tiba di Merlion Park, sukurlah suasana di taman ini masih sepi pengunjung jadi kami bisa berfoto-foto dengan leluasa sambil menikmati pemandangan disekitarnya.
  • 08.20  : puas di Merlion Park dan pengunjung mulai ramai, kami melanjutkan berjalan kaki ke Marina Bay di seberang taman. cukup jauh juga perjalanan, tapi tidak terasa bagi kami karna canda tawa dan pemandangan diskitarnya yang bagus untuk berfoto-foto... hehehee....
  • 09.10 : hampir sejam berjalan kaki akhirnya sampai juga kami di Marina Bay Sand. tanpa rasa lelah dan malu  kami melanjutkan berfoto-foto ria didalam gedung tersebut. hahahaa,
  • 09.25 :  tidak lama kami ekspos wisata di Marina Bay, karena tempat ini seperti hal nya Mall di Indonesia dan barang yang dijual pun barang-barang branded, so ............
  • 10.00 : Dari Marina Bay perjalanan kami berlanjut ke Sentousa Island, dari stasiun Marina ke stasiun Dhoby Ghaut kemudian transit MRT menuju stasiun HarbourFront.
  • 10.25 : tiba di stasiun HarbourFront yang diatasnya adalah VIVO Mall city kami langsung naik ke  lantai 3 untuk melanjutkan perjalanan ke Sentousa Island.
  • 10.50 : Di lantai 3 Vivo Mall kami membeli karcis Express lewat ATM  menuju Sentousa Island seharga SGD 4 PP.
  • 11.10 : Di sentousa island, kami turun di Waterfront station untuk pergi ke Universal Studios tentunya. hanya berjalan 1 km dari stasiun, tibalah kami di Universal.
  • 11.15 : Tiket masuk ke Universal SGD 188, WOW kalian hitung saja kedalam kurs Rp. 1 SGD = Rp.9.800...  akhirnya kami memutuskan hany berfoto-foto didepan bola dunianya saja hahahahaha, kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke beberapa stasiun yang ada di Pulau Sentosa tersebut.
  • 14.00 : puas mengelilingo pulau sentosa, kami melanjutkan perjalanan ke Little India, dari stasiun Habourfront naik MRT line ungu menuju Little India.
  • 14.20 : tiba di Little India, tujuan utama kami disini adala Mustofa Center, yang katanya pusat pembelian oleh-oleh murah di Singapore. Perjalanan dari stasiun Little India ke Mustofa lumayan jauh, dengan berjalan kaki, kami menyusuri wilayah tersebut yang kanan kiri berjejer toko-toko khas India. Aroma daerah ini pun sangat Khas, bagi yang tidak terbiasa seperti kami harus sering-sering menahan nafas apabila melewati toko-toko makanan khas India.
  • 14.40  : akhirnya tibalah kami di Mustofa Center, bagi yang perempuan langsung mengambil kereta dorong dan mengeksplor buah tangan yang akan dibawa sedangkan saya sama rio hanya menemani saja hahahahaa, sedikit Info untuk pembaca yang mau beli buah tangan, ternyata di Mustofa Center harganya lebih mahal dibandingkan di Bugis Street atau di toko emperan di sekitar little India... hehehee
  • 16.30  : setelah Rini, Mbak Mer dan Bu Lena dapet buah tangan yang cukup untuk menambah bagasi mereka, kami pun melanjutkan perjalanan selanjutnya. Dari Mustofa center kami menuju ke Farrer Park, karena stasiun tersebut lebih dekat daripada harus kembali lagi ke stasiun Little India.
  • 16.40  : dari stasiun Farrer Park kami ke stasium Outram Park dan transit monorer line hijau  menuju stasiun Bugis.
  • 17.20  : tibalah kami distasiun bugis dan lanjut ke penginapan untuk bersih-bersih dan menaruh barang belanjaan.
  • 18.30 : setelah mandi kami melanjutkan wisata belanja ke bugis streer, berhubung malam kemarin sudah tutup, maka malem ini kami pergi lebih sore. Dan disini lah saya mulai belanja buah tangan untuk keluarga dan teman-teman di Lampung.
  •  20.30 : setelah dirasa cukup dengan hasil belanja, akhirnya saya dan rio pulang duluan ke penginapan meninggalkan 3 teman wanita kami yang masih sibuk wara wiri belanja yang entah kapan kelarnya. Berhubung tempat penginapan kami dengan bugis street jaraknya hanya 1 km, makanya mereka berani ditinggal.
  • 21.15  : ibu-ibu akhirnya pulang juga ke penginapan dengan membawa banyak sekali kantong.... hadeuhhh.............
  • 22.00  : berhubung ini malam terakhir di Singapura, kami memutuskan untuk berjalan-jalan disekitar penginapan, kami juga melewati kampung arab yang jaraknya 2 km dari penginapan, sayang karena sudah malam banyak suasana di kampung arab sangat sepi.
  • 23.30  : kami kembali ke Penginapan untuk istirahat.
Perjalanan menuju Marina Bay dari Merlion Park

Depan Stasiun Sentosa, Vivo city mall, lt 3.

Depan Singapore River
SELASA,  11 FEBRUARI 2014
  • 05.00 :  seperti biasa kami selalu bangun lebih awal di banding wisatawan asing yang menginap disana, hehehee (udah kebiasaan), beres-beres, mandi kemudian sarapan roti dan jangan lupa bawa bekal roti untuk makan siang nanti.
  • 08.00 : berhubung hari terakhir waktu yang cukup mepet, kami hanya berjalan-jalan disekitar Bugis Junction saja, sambil menikmati hirup pikuk kota Singapura disekitarnya.
  • 10.30 : kami check out dari penginapan dan membawa barang-barang kami yang bertambah khususnya yang wanita menuju stasiun bugis.
  • 10.45 : dari stasiun Bugis kami naik monorer line hijau menuju Changi airport.
  • 11.40 : tibalah kami di Terminal 3 Changi Airport dan di changi airport pun kami menyempatkan diri untuk berkeliling airport mulai dari terminal 3, trus ke terminal 1, 2 dan kembali lagi ke terminal keberangkatan pesawat kami di terminal 3
  • 17.00 : kami siap melanjutkan perjalanan ke Kuala Lumpur..................

Catatan Penting Selama di Singapore :
  • sebaiknya membawa bekal makanan secukupnya dari Indonesia seperti mie, roti, energen dan sejenisnya, karena makanan disini banyak yang tidak sesuai dengan lidah orang asli pribumi seperti kita baik dari rasa, aroma dan HARGA hahahahahaha.........
  • berhubung di changi airport ada tempat minum gratis, sebaiknya bawa botol sisa aqua kosong dari Indonesia untuk di isi (karna bisa dibuang kalo menuhin ruang tas ntar , sedangkan botol Tupperware sayang untuk dibuang). hahahaaa
  • Jangan lupa ambil Peta singapura di Changi Airport minimal 3 buah (untuk persiapan kalo hilang dan sisanya buat oleh-oleh juga bisa hehehehe).
  • Mau beli Oleh-oleh sangat disarankan belinya di BUGIS Street dibandingkan di Mustofa Center... percaya dehh....
  • Ikuti semua peraturan yang ada di negara tersebut, baik di stasiun, di mall, bahkan di jalan, karena banyak larangan dan denda bagi yang melanggarnya, meskipun turis asing. Singapore negara yang disiplin banget, jadi Hilangkan pola pikir "PERATURAN DIBUAT UNTUK DILANGGAR", karna negara ini ga berlaku dengan kata-kata tersebut. (pulang dari sana jadi kebawa rasa disiplinyaa, hehehe).
  • Tukar uang langsung di Indonesia dengan mata uang singapura, karena kalo tukar di singapura lebih mahall dan sebaiknya simpan juga uang dalam bentuk USD jangan Rupiah.
Sekian untuk di Singapura, kita lanjut di Kuala Lumpur di next chapter..